Halaman

Senin, 13 Agustus 2012

Marketing Handal


Pemasaran pada intinya adalah segala sesuatu yang perlu Anda lakukan untuk membuat informasi tentang produk dan jasa Anda bisa menjangkau pelanggan yang potensial dan membuat calon pelanggan tertarik. Pemasaran mencakup membangun brand, merekrut mitra penjualan, membuat publikasi dan iklan. Sementara penjualan adalah proses mengkonversi mereka yang tertarik menjadi membeli produk/jasa Anda.
Pemasaran yang baik penting sekali bagi suksesnya suatu perusahaan. Anda bisa punya produk dan jasa yang sangat baik, tapi bila tidak seorang pun tahu maka bisnis Anda tidak akan berhasil. Meskipun marketing bisa sangat kompleks, tapi dasarnya sangat sederhana.
Berikut ini adalah pertanyaan yang perlu dijawab ketika membangun rencana pemasaran:
  • Siapa yang kemungkinan besar akan membeli produk Anda.
  • Dimana calon pembeli ini biasanya mencari produk seperti yang Anda jual.
  • Bagaimana caranya Anda bisa ada di tempat itu.
Perusahaan pemula umumnya mempunyai dana pemasaran yang sangat terbatas, oleh karenanya, sebaiknya dana tersebut di fokus kan bukan pada membangun image, melainkan untuk menghasilkan prospek bisnis dan penjualan. Dengan terbatasnya dana pemasaran yang bisa dibelanjakan, tingkat pengembalian (Return on Investment) dari setiap iklan dan setiap promosi menjadi sangat penting.
4 P (Product, Price, Place, Promotion)
Konsep dasar terpenting dalam pemasaran adalah empat P : Product, Price, Place, Promotion. Artinya jika Anda bisa membuat produk yang bagus, dengan harga yang tepat, ditempatkan di tempat pembelinya dan di promosikan dengan baik sehingga pelanggan ingin membelinya, maka Anda bisa cepat sukses dalam penjualan.
Produk mencakup fungsi, penampilan, bungkus, label, garansi dan jasa/dukungan yang disediakan.
Harga yang terlalu tinggi bisa tidak terjangkau oleh pelanggan atau kalah bersaing. Sebaliknya harga yang terlalu rendah akan mengurangi keuntungan dan bisa juga menimbulkan persepsi kualitas yang rendah. Anda perlu melakukan beberapa tes untuk mencari harga yang pas.
Dimana barang Anda di promosikan dan dijual sangat menentukan. Tanpa penempatan yang baik, orang tidak tau keberadaan produk Anda. Cara memposisikan produk ini dikenal dengan istilah strategi distribusi. Anda bisa menjual produk Anda ke toko retail yang akan menjualnya ke pembeli, atau ke menjualnya ke pabrik, atau langsung ke pengguna.
Pada ekonomi tradisional, biasa nya ada banyak tingkatan sebelum produk sampai ke konsumer, yaitu : pemasok material, produksi, wholesaler, peritel dan konsumer. Sekarang, banyak pihak yang memanfaatkan internet dan memilih cara penjualan yang lebih langsung : pemasok material, produksi, konsumer. Cara seperti ini selain lebih efisien, memungkinkan Anda mengenal konsumer Anda dengan lebih baik dan karenanya bisa membuat inovasi-inovasi dengan lebih cepat.
Seni Menjual
Ketrampilan menjual sangat berharga bagi seorang entrepreneur. Kemampuan untuk meyakinkan mengapa pelanggan lebih baik beli dari Anda, dibandingkan pesaing, dari sudut pandang kepentingan pelanggan, lalu meyakinkan pelanggan untuk membeli, bukan hal yang mudah.
Berikut ini adalah delapan pertanyaan yang perlu Anda jawab dalam membuat rencana penjualan:
  • Bagaimana produk Anda akan di jual? Di toko retail, secara online, melalui direct mail, melalui katalog, melalui distributor, atau kombinasi?
  • Apakah Anda akan menjual ke pedagang grosir atau retail atau keduanya?
  • Apakah pasar utama Anda perusahaan atau perorangan?
  • Dimana biasanya calon pelanggan Anda mencari produk sejenis produk Anda?
  • Bagaimana cara Anda memposisikan produk Anda, sehingga ada di tempat calon pelanggan mencarinya?
  • Apakah harga Anda memungkinkan Anda menggunakan dukungan telesales?
  • Apakah margin Anda memungkinkan Anda menggunakan tenaga penjualan langsung?
  • Apa keunikan produk Anda? Apa yang akan membuat calon pelanggan memilih membeli produk Anda dibandingkan produk saingannya?
Mendengarkan Pelanggan
Pentingnya mendengarkan dan memberikan perhatian pada pelanggan adalah hal utama. Bila penjualan Anda tidak bagus, kemungkinannya adalah Anda tidak menjual barang yang diinginkan pelanggan. Bila Anda ingin menjadi penjual yang baik dan pengusaha yang sukses, maka Anda harus peka terhadap apa yang diinginkan oleh pelanggan dan calon pelanggan. Anda harus tau apa yang membuat pelanggan Anda membeli dan apa yang menjadi penghalang calon pelanggan membeli dari Anda. Jika Anda bisa menemukan alasan tidak beli ini dan bisa mengatasinya, penjualan Anda akan mengingkat.
Bila Anda ingin menjual produk Anda secara online, cara penulisan sales copy sangat menentukan keberhasilan Anda. Didalam menuliskan sales copy, berilah tekanan pada manfaat yang akan diperoleh pelanggan ketika membeli produk Anda, bukan pada fitur-fitur produk Anda. Selalu arahkan pada hal-hal yang penting bagi calon pembeli Anda. Gunakan studi kasus dan testimonial untuk lebih meyakinkan calon pelanggan. Ingatlah urutan AIDA (Attract, Interest, Desire, Action) dalam menggiring calon pelanggan untuk membeli. Mulailah dengan membuat calon pelanggan melihat produk Anda, lalu buatlah mereka tertarik, setelah itu pengaruhi agar mereka ingin membeli dan yakinkan untuk segera membeli.
Selamat memasarkan dan menjual produk dan jasa Anda. Semoga sukses selalu menyertai Anda.

www.qbheadlines.com, Leadership & Entrepreneurship Portal
Daftar Rujukan : Zero to One Million, How I Build a Company to $ 1 Million in Sales and How You Can Too, Ryan P. Allis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar